75 Perwira Polri dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2017 Siap Mengabdi Pada Negeri

Foto Sekolah Inspketur Polisi Sumber Sarjana - SIPSS.

SEMARANG, 28 September 2017 – Sebanyak 75 sarjana dari berbagai bidang disiplin ilmu dinyatakan lulus Pendidikan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Di antaranya dalam bidang hukum, komunikasi, psikologi, kedokteran, teknik, bahkan sarjana musik.

Setelah melewati proses seleksi dan menyelesaikan pendidikan selama 6 bulan di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, mereka mendapatkan gelar perwira pertama. Untuk selanjutnya akan ditugaskan di berbagai daerah di Indonesia agar mampu mengantisipasi perkembangan yang terjadi berbekal bidang disiplin ilmu yang dimiliki.

 

Foto Sekolah Inspketur Polisi Sumber Sarjana - SIPSS.

“Itu untuk mencukupi kebutuhan perwira pertama kami yang memang masih kurang. Tahun ini ada penambahan sebanyak 75 perwira, biasanya cuma 50 orang,” kata Inspektur Pengawas Umum (Irwasum), Komjen Dwi Priyatno saat menutup Pendidikan Siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) di lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian Semarang, Kamis (28/9).

Dikatakannya, jumlah 75 sarjana tersebut terdiri atas 62 siswa dan 13 siswi. Ini juga disesuaikan dengan kebutuhan Polri untuk mendukung penegakan hukum. “Tentunya setelah dihitung dari kebutuhan, ada berbagai profesi kesarjanaan yang kami perlukan. Seperti sarjana hukum, komunikasi, dokter dan lain-lain. Ada sarjana psikologi sudah kandidat doktor, jadi dia sudah S2. Tidak hanya itu, bahkan ada sarjana musik,” katanya.

 

Foto Sekolah Inspketur Polisi Sumber Sarjana - SIPSS.

Dijelaskannya, sumber perwira Polri selain Akpol, ada Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan Sekolah Pembentukan Perwira (Stukpa) dari Brigadir. “Tentunya mereka akan ditempatkan sebagai fungsi pendukung di Republik Indonsia sesuai kebutuhan. Nanti akan diatur oleh Assisten Sumber Daya Manusia Polri, misalnya forensik di Surabaya, Semarang, Makasar,” katanya. Beberapa dokter akan ditugaskan di beberapa tempat rumah sakit Polri, RS Bhayangkara, maupun di rumah sakit milik beberapa polda.

 

Foto Sekolah Inspketur Polisi Sumber Sarjana - SIPSS.

Ada empat siswa mendapat penghargaan, yakni Amalia Fajrina Nabila, mendapat pangkat Brigadir Siswa dengan penghargaan piagam dan medali Adi Wira, karena prestasi terbaik gabungan aspek pengetahuan dan keterampilan, aspek sikap, jasmani dan perilaku. dr Verry Gunawan Sohan, Brigadir Siswa mendapat piagam dan medali Ati Tanggap, karena prestasi terbaik aspek pengetahuan dan keterampilan. Felinsa Oktora Tanau, Brigadir Siswa mendapat piagam dan medali Tanggon Kosala, karena prestasi terbaik aspek sikap dan perilaku. Sarlendra Satria Yudha, Brigadir Siswa, mendapat piagam dan medali Dira Trengginas, prestasi terbaik aspek jasmani dan kesehatan.

 

Foto Sekolah Inspketur Polisi Sumber Sarjana - SIPSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *